Perang Cyber Dimulai, Malaysia Deface Puluhan Situs Indonesia, Indonesia Hajar Situs Malaysia

JAKARTA - Puluhan situs milik Indonesia berhasil disusupi hacker yang mengaku berasal dari Malaysia. Situs-situs asal Indonesia itu berhasil di deface dengan menyertakan gambar alien dan dua buah blog yang masing-masing dimiliki warga negara Malaysia dan warga negara Indonesia.

Rupanya telah terjadi perseteruan antara hacker Indonesia dan Malaysia. Kedua hacker, yang masih-masing mengatasnamakan yadoyy666 (Indonesia) dan alien crew (Malaysia) saling unjuk kekuatan dengan melakukan aksi deface.

Akibatnya, puluhan situs Indonesia berhasil dideface oleh hacker asal Malaysia. Yang menjadi korban di antaranya situs Pemuda Hanura, Gerbang Linux, KBRI Beirut, FK Usakti 95, dan masih banyak lagi. Beberapa situs Malaysia pun mengalami aksi serupa akibat deface balasan dari hacker Indonesia.

Jika hacker Malaysia melakukan aksinya dengan menggunakan tema Hacked by Anti Indon, hacker Indonesia justru mengambil tema Ganyang Malingsial.

Serangan oleh beberapa hacker asal Indonesia terhadap beberapa situs Malaysia ternyata berhasil didokumentasikan di sebuah situs. Serangan ini terkait dengan Cyber War yang telah dilancarkan antar kedua negara yaitu Indonesia dan Malaysia dalam beberapa waktu belakangan.

Nampak di situs tersebut, puluhan screen shoot situs Malaysia yang berhasil disusupi oleh kelompok hacker lokal, macam yadoy66, Tr1993r_m4ch1n3, ninj4_blu3, dan masih banyak lagi yang lainnya. Selasa (25/11/2008) ke semua situs tersebut telah berhasil dibetulkan. Berlanjut beberapa situs Malaysia yang berhasil disusupi lagi diantaranya, adalah, http://5a.com.my/, http://imm.com.my/, http://eznet.com.my/, http://yccreative.com/, dan masih banyak lainnya.

Selain itu, pengelolanya pun telah menuliskan pesan di depan web mereka yang berisikan,

Hey Malingsial h4x0r
Jangan coba kau ganggu kami
Jangan kau coba merendahkan bangsa kami
Jangan sampai bendera perang berkibar kembali
And for you know
WE ARE READY FOR CYBERNATIC WAR

Aksi beberapa kelompok hacker ini merupakan bentuk balas dendam yang dilakukan oleh hacker asal negeri jiran yang bernama alien crew karena telah melakukan deface pada beberapa situs di Indonesia dengan tampilan 'Hacked by Anti Indon'.

Di tempat lain, kelompok yang menamakan dirinya Yogyacarderlink juga merusak situs perpustakaan milik Universiti Utara Malaysia dengan URL http://cmslib.uum.edu.my/psb/.

Akan tetapi, tidak seperti aksi sebelumnya, mereka hanya masuk lewat server yang 'berlubang', yang sudah pasti kehadiran mereka hanya dapat diketahui oleh orang tertentu, dan pihak admin saja.

Tidak lupa, foto siluet khas mereka terpampang jelas bersama bendera Indonesia dengan pesan yang berisi 'Salam Piss dan Love by: Indonesia Hacker".

Genderang perang antar hacker Indonesia dengan Malaysia rupanya telah ditabuh. Setelah, sebelumnya dua kelompok dari yadoyy666 (Indonesia) dan alien crew (Malaysia) berseteru. Kini, giliran Yogyacarderlink yang ambil bagian.

Aksi para hacker Yogyacardelink ini dilakukan dengan mengacak-acak situs milik Malaysia yang beralamat di http://welfordmedical.com/news_details.php. Situs milik perusahaan Welford, yang merupakan penyedia jasa alat-alat kesehatan untuk rumah sakit itu berhasil disusupi dengan meninggalkan jejak khas mereka berupa foto siluet.

Selain foto siluet khas Yogyacarderlink, mereka juga menampilkan pesan yang berisi nada profokatif,

You want Cyberwarfare ?? I give you now

Selain menyambangi bagian dalam situs tersebut, hacker ini juga merusak tampilan depannya. Ini setelah kanal news dan event situs tersebut mereka infeksi dengan kata-kata yang berisi "v3n0m OwnZ Your System".

Seperti diketahui, dalam beberapa hari terakhir rupanya telah terjadi perseteruan antara hacker Indonesia dan Malaysia. Kedua hacker, yang masih-masing mengatasnamakan yadoyy666 (Indonesia) dan alien crew (Malaysia) saling unjuk kekuatan dengan melakukan aksi deface.

Tak pelak, beberapa situs Indonesia seperti Pemuda Hanura, Gerbang Linux, KBRI Beirut, dan FK Usakti 95, berhasil disambangi alien crew.

Upaya deface pada situs-situs Indonesia ini telah berlangsung sejak lama. Tidak heran jika ada beberapa situs yang telah berhasil diperbaiki. Banyak juga situs yang masih menunjukkan tampilan deface 'Hacked by Anti Indon' hingga saat ini dan belum melakukan perbaikan.

Inilah situs-situs tersebut.

http://waktuband.com
http://visitbalikpapan.com
http://urologi.or.id
http://pks-mesir.com
http://kontak-jodoh-islam.com
http://kbri-beirut.org
http://joehutagalung.web.id
http://jayakarta.ac.id
http://hide-yourip.com
http://gokil.org
http://gerbanglinux.com
http://gaya-baru.com
http://gaming-rock.com
http://blackchris.com
http://fkusakti95.org
http://fkunissula.ac.id
http://firatour.com
http://biotech.co.id
http://bidbid.web.id
http://daengsikki.com
http://beritamakassar.com
http://bebenbandung.net
http://bbmm-jakarta.com
http://batutapak.com
http://barang-seken.com
http://link.or.id
http://bangunkompetensibangsa.com
http://bambukuning.com
http://balibestvillas.com
http://pemudahanura.org
http://klikpembantu.com
http://bakulsayur.com
http://fajarapriyanto.com
http://rismanmarah.com
http://babonangrem.com
http://aurastore.com
http://auragad
get.com
http://atlas-samudera.com
http://astro-computer.com
http://asaparis.co.id
http://arthainti.com
http://ariesxp.web.id
http://arcomshop.com
http://aputra.com
http://aporisma.com
http://anrizal.com
http://anddisplay.com
http://anaksma.info/index.html
http://anakkusehat.com
http://alhuur.com
http://alhuda.or.id
http://akkindo.com
http://akbidnet.com
http://ajisaka.info
http://aha.co.id
http://agmi.or.id
http://adityafm.co.id
http://myproductsreview.net
http://minerva.web.id/index.html
http://pesenkaos.com
http://trisinar.com
http://zeezeeinterior.com

Tak ada ampun, kali ini empat halaman web Malaysia yang dibobol.

Tiga situs pertama adalah http://pancommonwealth2008.kkr.gov.my/,
http://www.malaysiaskills.kkr.gov.my/, dan http://aseanskills.kkr.gov.my/. Wajah ketiga situs itu berubah dengan tampilan gambar dua iblis yang membawa garputala dan tersenyum. Terpampang pula tulisan besar "Vires" juga "indo counter attack". Sementara sang peretas meninggalkan identitas dirinya sebagai "netheroes".

Halaman web penjual CCTV online yang beralamat di http://cctv2u.my/ juga turut jadi sasaran penyusupan. Halaman depan situs itu dikotori dengan tulisan "Got Hacked!? bL4Ck_3n91n3 was here!!!!". Sebuah bendera Merah Putih juga berkibar di antara produk-produk yang dijual.

Berdasar informasi yang diperoleh dari peretas.freeforums.org, Rabu (26/11/2008), peretas melakukan aksi ini sebagai balas dendam atas aksi hacking yang juga dilakukan hacker Negeri Para Datuk itu. Dalam thread di forum tersebut, tertulis pula petikan pidato mantan Presiden Sukarno tentang aksi ganyang Malaysia.

"Ini dadaku, untuk Indonesiaku," tulis pesan dalam thread itu.

Jika terus berkelanjutan, hal ini akan memicu adanya perang cyber di dunia maya. okezone.com

Olimpiade Akuntansi 2009 Tingkat SMA Se–Jawa Barat, 23 Maret 2009, baca selanjutnya..

Contest Robot 2009 di Tokyo baca disini

Kompetisi Bongkar Pasang Mesin Diesel di ITS, selengkapnya

Kongres Nasional Nuklir, Kamis hingga Sabtu (4-6 Desember 2008) di Hotel Aston Tropicana Bandung, Premier Plaza, Jalan Cihampelas No 125-129 Bandung.

[1-4 Desember 2008] Gebyar Pertanian, GEBYAR PERTANIAN (BIG EVENT ON DECEMBER)di IPB selengkapnya

Indonesia adalah bangsa pelahap barang-barang gratis. Layanan subdomain gratis co.cc bisa jadi potretnya, dari Indonesia penggunanya menduduki urutan pertama dunia mencapai 55.109 pengguna

Asosiasi Pedagang Komputer Mal Mangga Dua & Harco Mas JACC Mengadakan Pameran Teknologi Terbesar di Indonesia dengan diikuti banyak vendor vendor elektronik pada tanggal 12-16 November 2008

Lomba Inovasi Teknologi Lingkungan (LITL) 25 Februari 2009. LITL ini terbagi menjadi 2 kategori, SMU/MA dan perguruan tinggi (baik negeri ataupun swasta). tema “Inovasi Teknologi Ramah Lingkungan yang Bermanfaat Bagi Masyarakat”. Formulir

Kontes Photo Pesta Blogger harus dijalankan, sebagai bagian dari kegiatan Pesta Blogger 2008, fitur registrasi dibuka via web, Maksimal setiap photo hanya 180 kb, dan jumlah photo yang dapat dikirimkan hanya 3 buah. walaupun demikian peserta tetap harus mengirimkan surat pernyataan - Release / Statement Form - ( sebagaimana di download dari Guidelines) dan dikirimkan ke submission@pestabloggerphotocontest.com


Sampoerna Foundation Teacher Institute (SF TI) bekerjasama dengan Departemen Pendidikan Nasional dan mitra lain akan menyelenggarakan Kongress Guru Indonesia (KGI) pada 27-28 November 2008. Formulir Pendaftaran klik disini
Olimpiade Statistika Tingkat Nasional Maret 2009, baca selengkapnya

Seminar Nasional "Soil and Mining". Pendaftaran dapat dilakukan di Sekretariat HMIT IPB (Bawah Auditorium Toyyib), Koridor Faperta atau Email : Soilmining a-keong yahoo.com. selengkapnya

WORKSHOP "Memulai dan Mengembangkan Bisnis Minyak Atsiri" Rabu, 03 Desember 2008 Tempat : Hotel Singgasana Jl. Gunungsari, Surabaya - Jatim Pendaftaran akan ditutup pada tanggal 28 November 2008. selengkapnya

Seminar TI Di Industri Pembiayaan (Multifinance) : Bank Vs Multifinance, memenangkan Persaingan dengan Aplikasi TI Tepat Guna di Hotel JW. Marriott Jakarta, 25 Nopember 2008

Seminar Internasional: Bahasa Arab di Era Global: Tantangan dan Peluang, diselenggarakan pada tanggal 23 s.d. 25 Nopember 2008. Pembukaan bertempat di Aula Utama Gedung A3 lantai 2 Universitas Negeri Malang. Acara Seminar bertempat di Kartika Batu

Tahukah Anda bagaimana para hacker dapat menembus ke dalam jaringan Wireless/ Nirkabel Perusahaan Anda? Temukan CARA EFEKTIF untuk membangun Keamanan Wireless dalam Training Wireless Security 24-25 November 2008

Binus University mengadakan Seminar IT Management dengan pembicara Ricard Kartawijaya 26 November 2008 pukul 18.00-20.00

Universitas Pelita Harapan Jakarta akan adakan seminar ilmiah ilmu komputer pada tanggal 13-14 november 2008 nanti. Informasi selanjutnya perbesar dengan klik gambar berikut disini

Seminar Nasional Matematika IV - 2008 Waktu: 13 Desember 2008. 14 Oktober 2008 Batas Akhir Pembayaran Kontribusi Peserta info selanjutnya

Seminar Nasional Teori dan Aplikasi Teknologi Kelautan 2008. 17-19 Desember 2008 di Fakultas Teknologi Kelautan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS). info selanjutnya

Citra Emas School of Management & Public Relations (CES) Surakarta akan menggelar workshop tentang presentasi skripsi bagi kalangan mahasiswa, Rabu (5/11). Workshop digelar di Graha CES di Jalan Yosodipuro 110 Surakarta

Sampoerna Foundation Teacher Institute (SF TI) bekerjasama dengan Departemen Pendidikan Nasional dan mitra lain akan menyelenggarakan Kongress Guru Indonesia (KGI) pada 27-28 November 2008. Formulir Pendaftaran klik disini

Application is open until the 15th of April, 2009 Chinese Government Special Scholarship, Postgraduate Program (Master and Doctoral), Fudan University, China selengkapnya

[Australia] Rio Tinto Graduate Scholarship Fund 2009 for Indonesian Citizen. Deadline January 30, 2009selengkapnya

PhD Research Fellow in Mobile Communication Systems, the University of Agder, Norway, Research Fellow in Mobile Communication Systems at the University of Agder, Faculty of Engineering and Science, Closing date for applications: 31.12.2008 selengkapnya

Peluang Berkuliah di Eropa Semakin Terbuka Pameran 1-2 November dijakarta kemarin adalah pameran pendidikan tinggi Eropa terbesar yang pernah digelar di Indonesia dengan 90 institusi pendidikan tinggi dari 27 negara UE selanjutnya

Jepang Membuka Lowongan Kerja di Bidang Migas, untuk informasi detailnya silahkan klik disini